SELAMAT DATANG DI WEBLOG TERAPI TOA (Treatment Of Anaerobic) & HERBAL ADEM ATI JEMBER, Asuhan Bpk. dr. Sofan & Rizki JS. HP. +6282-301433410 # Konsultasi Penyembuhan Melayani Konsultasi Pengobatan ONLINE -

Kamis, 03 Desember 2015

Sejarah TOA



RIZKI JOKO SUKMONO, SH kelahiran Jakarta, 2 Nopember 1970. Putra dari Alm. R. Goenawan Wibisono seorang mantan Wartawan Istana Negara & Dosen Bahasa Asing di suatu Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta (INDONESIAN COLLEGE). Ibunya yang bernama Kusjati adalah Keturunan dari Johor Melayu dan Cina (TAN). Bapak kelima anak ini, memang selalu dipadati dengan kegiatan-kegiatan belajar Bela Diri, Ramuan Tradisional, Meditasi, ... sejak mudanya. Pengalaman Hidup dan beroraganisasinya adalah sebagai berikut.
- Menjadi Ketua KELATNAS PERISAI DIRI Ranting BNI 46, MENTAS Jak - Sel Tahun 1987
- Menjadi Ketua dan Pengasuh Lembaga Seni Pernapasan Magnetist PRANA Pusat Jember Tahun 1990
- Menjadi Pendiri LIMI (Laboratorium Ilmiah Metafisika Indonesia) di Jember Tahun 1997
- Pendiri Yayasan PP. SURYALAYA Perwakilan Jember 1998
- Juara Silat Tangan Kosong Tahun 1995
- Juara Jurus Pisau 1996
- Di angkat menjadi Ketua & Guru Besar SBT MAENPO Se-Jawa Timur Tahun 1999
- Dipanggil Melatih Keluarga Besar TYT Sabah Malaysia Tahun 1996
- Membina Pusat Perubatan seluruh Malaysia Tahun 2000
- Diangkat Mejadi Ketua Asosiasi Pengobat Ramuan Tradisional Indonesia (Aspetri) Tahun 2008
- Grand Master “Meditation Spiritual Building” in Bali
- Human Resources Consult / Pembina Utama Lembaga Pembinaan Seni Pemberdayaan SDM (Character Building) 
Training QSP (Quantum Spiritual Power).
- Grand Master “TOA” Treatment Of Anaerobic
- Pengasuh Sanggar Meditasi & Tanaman Obat ADEM ATI  sampai sekarang.
- Penulis Buku dan Direktur CV. ADEM ATI yang mengkoordinasi produk-produk kegiatannnya. 


25 Tahun Perjalanan TOA
Sejak 2 Nopember 1990 bernama Seni Bela Diri Tenaga Dalam “GARUDA INDONESIA”, Lalu dirubah tahun 1992 menjadi LSPM PRANA, Tahun 2000 Dirubah menjadi QITEDA dan sejak 2 Nopember 2015 kegiatan tersebut dikemas baru dan dipopulerkan kembali dengan nama TOA. SEHAT LAHIR BATHIN.

                Pencipta Jurus TOA adalah Bapak Rizki Joko Sukmono, Tahun 1990. Berdasarkan penjelasan beliau : TOA adalah pola dasar dari gerakan jurus-jurus bela diri Al-Hikmah Asmaul Husnah yang sebelumnya era tahun 80-an dikenal dengan Tenaga Dalam yang berpusat dan berkembang saat itu di Banten Jawa Barat. Dan banyak murid-muridnya yang tersebar di seluruh Jawa (Jawa Tengah & Jawa Timur). Sehingga banyak murid-murid tradisi penerus ilmu Tenaga Dalam ini mengembangkan Paguronnya. Ciri-ciri dari gerakkan jurus ‘Tenaga Dalam Al-Hikmah’ adalah pasti selalu menggunakan Jurus, kuda-kuda rendah, Menahan Napas & Dzikir. Dari para murid-murid itu, mengembangkan dan memodifikasinya, saat itu era 89-90 kepopuleran Tenaga Dalam sangat marak dan lebih-lebih para Intelektual di Kota Pelajar Yogyakarta mempromosikannya dengan pendekatan ilmiah “Tenaga Dalam dapat menyehatkan & menyembuhkan” dengan variasi gerak jurus dan napas dengan pola dasar Ilmu Tenaga Dalam Al-Hikmah.  Hingga Era 90-an Tenaga Dalam merebak mulai menyebar di Indonesia dengan berbagai merk Paguron menjadi Seni Pernapasan yang mulai akan dipopulerkan seperti Thai Chi, Wey Tangkhung, Yoga, Senam AEROBIK, ... yang lebih dominan diminati masyarakat kita saat itu.
                Dari Pengalaman berguru Silat & Tenaga Dalam sejak kelas 4 SD dan belajar Ilmu Al-Hikmah di Banten, Bapak Rizki Tahun 1990 memodifikasi & mengembangkan pelajaran Ilmu Tenaga Dalamnya kembali dengan menekankan sebagai Terapi Olah Raga Anaerobik Meditasi Gerak dan sejak 2 Nopember 2015 didukung para sahabatnya dr. Sofan Safrony (Jember), Zen (Situbondo), Ibrahim HS (Balikpapan) untuk mempopulerkan kembali Senam pernapasan ala Bapak Rizki ini, menjadi Seni Pemberdayaan Diri yang menekankan pada Terapi Olah Raga Pernapasan Anaerobik, sebagai Solusi Sehat & Sembuh yang sekaligus membudayakan Olah Raga Pernapasan Indonesia Asli. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar