SELAMAT DATANG DI WEBLOG TERAPI TOA (Treatment Of Anaerobic) & HERBAL ADEM ATI JEMBER, Asuhan Bpk. dr. Sofan & Rizki JS. HP. +6282-301433410 # Konsultasi Penyembuhan Melayani Konsultasi Pengobatan ONLINE -

Kamis, 03 Desember 2015

MODEL TOA (Napas Duduk Bersila)

CARA BERLATIH TERAPI SENAM PERNAPASAN ANAEROBIC
Diawali dengan berdoa sesuai agama masing-masing, selanjutnya Latihan dilakukan dengan mengolah pernapasan, yang dilakukan dalam 3 tahap :
1.  Pernapasan duduk bersila awal (Pemanasan Pernapasan);
2. Pernapasan bergerak (Melakukan Jurus Terapi Anaerobic);
3. Pernapasan duduk bersila akhir (Pendinginan / Pengendapan Energi).

PERNAPASAN DUDUK DAN MANFAATNYA
Pernapasan duduk awal bersila dilakukan sebagai pemanasan/warming up bagian dalam sebelum melakukan pernapasan bergerak. Pernapasan duduk akhir dilakukan untuk pendiginan dan pengendapan hasil latihan.


Cara Latihan Pernapasan Duduk Bersila
1. Duduk bersila dengan kaki melipat ke depan. Tulang ekor menyentuh lantai dan punggung diluruskan. Tangan dengan jempol digenggam diletakkan pada lutut, pandangan lurus ke depan ke satu titik
2. Bila peserta lebih dari satu orang dan sejenis, maka peserta duduk dengan merapat ke kiri dan kanan sehingga lutut saling bersentuhan.
3. Bernapas teratur sambil berkonsentrasi. Keluar-masuk napas melalui hidung, dengan di antaranya dilakukan penekanan napas bawah perut. Selang waktu tarik dan keluar napas adalah sama yakni 10-30 detik. Pernapasan duduk bersila dilakukan selama 5 menit.
4. Tulang ekor menyentuh lantai akan menghubungkan kumparan saraf di dalamnya, yang merupakan salah satu generator listrik, dengan listrik bumi secara langsung, sehingga diharapkan terjadi interaksi listrik bumi terhadap listrik tubuh melalui generator listrik tersebut.
5. Punggung diluruskan akan menyebabkan aliran listrik dan saraf pusat ke seluruh organ tubuh berjalan lancar.
6. Pandangan mata lurus ke depan akan melatih otot-otot mata dan agar otot mata keadaannya seirama dengan otot bagian lain dalam latihan pernapasan ini.

Menarik dan mengeluarkan napas yang sebaik-baiknya ialah melalui hidung, karena hidung mempunyal filter yang dapat mencegah partikel-partikel yang tidak seharusnya masuk ke sistem pernapasan. Dengan latihan pernapasan, peserta akan membiasakan diri bernapas melalui hidung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar